PROFIL PONDOK PESANTREN HABIBUSSALAM

/PROFIL PONDOK PESANTREN HABIBUSSALAM
PROFIL PONDOK PESANTREN HABIBUSSALAM2019-05-17T14:54:36+07:00

Pendahuluan
Pondok Pesantren habibussalam adalah salah satu wadah pendidikan Islam yang menfokuskan hafalan alqura’an dan ilmu syar’i dengan tidak mengabaikan ilmu-ilmu dunia dalam rangka mencetak generasi Islam yang qur’ani dan robbani serta mampu mengimbangi perubahan kemajuan dan perkembangan zaman.

Visi Pesantren
Menjadi lembaga pendidikan islam yang unggul yang mampu mencetak generasi qur’ani,Rabbani,bermanhajkan ahlussunnah waljama’ah yang memiliki adab dan akhlak yang mulia.

Misi Pesantren
1. Terwujudnya Pesantren dengan fasilitas yang memadai
2. Terciptanya lulusan yang hafal alqur’an,menguasai ilmu-ilmu syar’i,bahasa arab aktif dan pasif serta ilmu-ilmu umum.
3. membina generasi islam yang mencintai alquran dan menjadikanya pedoman hidup sehari-hari
4. Melatih dan membiasakan diri untuk beribadah sesuai aturan agama
5. Lulusan yang mampu berdakwah dengan aqidah shahihah dan bermanhaj Salafusshalih
6. Lulusan yang mampu melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi baik di dalam maupun luar negeri
7. Memiliki ijazah formalitas negara ( paket A,B,C)

Wadah Pendidikan
Pondok Pesantren Habibussalam memiliki beberapa wadah pendidikan yang secara integral (saling terkait dan berjalan bersama-sama) berupaya untuk menunjang terwujudnya Visi Pondok Pesantren.
Wadah pendidikan yang ada di Pondok Pesantren Habibussalam adalah :

1. TK ISLAM CERIA HABIBUSSALAM
Wadah pendidikan dalam jenjang ini,mencetak para lulusan yang mampu membaca Al-Qur’an dan hafal juz 30.

2. KUTAB HABIBUSSALAM (Sekolah Dasar berbasis alqur’an)/Setingkat SD
Wadah pendidikan dalam jenjang ini,mencetak para lulusan yang hafal Al-Qur’an minimal 10 juz mutqin serta mampu menguasai dasar-dasar ilmu syar’I dan ilmu umum.
Lususan jenjang ini memiliki Ijazah PKBM paket A.

3. SMP HABIBUSSALAM BERBASIS TAHFIDZ
Wadah pendidikan dalam jenjang ini,mencetak para lulusan yang hafal alqur’an 30 juz,mempunyai kemampuan bahasa arab yang optimal serta ilmu-ilmu dasar ilmu syar’i yang cukup .Lususan jenjang ini memiliki Ijazah PKBM paket B.

4. SMA HABIBUSSALAM BERBASIS TAHFIDZ
Wadah pendidikan dalam jenjang ini,mencetak para lulusan yang hafal 30 juz mutqin, menguasai ilmu-ilmu syar’i secara mendalam dibarengi dengan pengetahuan umum serta bidang-bidang ketrampilan yang memadai.
Lulusan jenjang ini memiliki Ijazah PKBM paket C.

5. MA (Ma’had Aly)/I’DAD DU’AT HABIBUSSALAM
Wadah pendidikan dalam jenjang ini diperuntukkan bagi para lulusan SMA atau yang sederajat,untuk mengkader para da’i yang mampu berdakwah di masyarakat sekitar dan luas.
Pendidikan dalam jenjang ini dilaksanakan selama 3 tahun dan mendapatkan Ijazah Pesantren.

6. RUMAH TAHFIDZ HABIBUSSALAM
Selain wadah pendidikan di atas pondok pesantren habibussalam juga mengembangkan rumah tahfidz hususnya di beberapa kecamatan sekitar pondok pesantren habibussalam,yang alhamdulillah sekarang sudah mendirikan 2 cabang rumah tahfidz untuk usia SD,yang mana di harapkan nantinya ketika mereka lulus SD dan mau melanjutkan ke pondok pesantren jenjang SMP mempunyai hafalan alqur’an dan dasar-dasar ilmu syar’i.

STAF DAN TENAGA PENGAJAR
Saat ini staf dan tenaga pengajar Pondok Pesantren habibussalam adalah alumni timur tengah, LIPIA Jakarta, alumni ma’had tahfidz; alumni STDI Imam Syafi’i; alumni Ma’had Al-furqan Gresik, Alumni Ma’had Imam Bukhari, Alumni UNILA dan lain lain.

KELANJUTAN STUDI
Setelah para santri hafal alqur’an dengan mutqin serta menguasai ilmu syar’i dan umum, lulusan Pondok Pesantren Habibussalam bisa melanjutkan ke perguruan tinggi baik di dalam maupun luar negri, dan juga dapat langsung terjun untuk berdakwah di tengah-tengah masyarakat dengan bekal ilmu yang telah diperolehnya.

FASILITAS PONDOK PESANTREN
Untuk menunjang tercapainya kualitas pendidikan yang optimal, alhamdulillah Pondok Pesantren Habibussalam menyediakan beberapa fasilitas di antaranya : 1 rumah besar untuk TK,1 rumah besar untuk Kuttab Habibussalam,1 masjid dan 2 lokal asrama putra,2 lokal asrama putri,serta masjid dan beberapa lokal kelas di cabang-cabang rumah tahfidz habibussalam.

STRATEGI PENCAPAIAN VISI DAN MISI PONDOK PESANTREN
Untuk mencapai terwujudnya Visi & Misi Pesantren dengan wadah pendidikan yang sudah ada, Pondok Pesantren Habibussalam menerapakan Sistem Manajemen Terpadu yang meliputi :

1. Manajemen Pendidikan
Sistem pendidikan yang diterapkan di Pondok Pesantren Habibussalam akan selalu dikembangkan untuk membentuk para santri lulusan menjadi lebih berkualitas dan unggul dan mampu berkompetensi baik di wilayah nusantara maupun mancanegara.

2. Manajemen Sumber Daya Manusia
Pondok Pesantren Habibussalam berupaya untuk merekrut orang-orang yang berpotensi dan professional,untuk mewujudkan visi dan misi Pesantren. Demikian pula potensi Sumber Daya Manusia Pondok Pesantren Habibussalam yang sudah ada akan senantiasa digali dan dikembangkan sehingga seluruh pegawai dan pengajar Pondok Pesantren dapat menjalankan peran mereka masing-masing secara optimal.

3. Manajemen Lingkungan
Pondok Pesantren Habibussalam berupaya untuk membentuk lingkungan yang kondusif sebagai tempat belajar mengajar. Program-program kebersihan,penghijauan,serta pengembangan lingkungan Pesantren sehingga terbentuklah kondisi pondok pesantren habibussalam sebagai tempat belajar mengajar yang kondusif dan menyenangkan.
Ketiga unsur inilah yang akan menopang keberhasilan pencapaian Visi & Misi pondok pesantren, Insya Allah.

Alhamdulillah Beberapa pengajar kita sudah ada yang mendapatkan beberapa ijazah di antaranya :

1.Sanad Qiroat Hafsz dari Ashim dan sekarang mendalami qiroat tujuh

2.Sanad Matan Jazariyyah

3.Sanad Matan Tuhfatul Atfal

4.Sanad Kitab-Kitab Syaikh Muhammad Bin Abdul Wahhab

5.Sanad Kitab-Kitab Hadist

Dan lain lain